Berita kami

Kerjasama dengan Mahasiswa KKN DESA KIRINGAN, Forum Anak dan GenRe Boyolali adakan Program AVIGAN-19 (Advokasi Kebijakan COVID-19)

27 August 2021 PPPA

BOYOLALI, (10/08/2021)– Dalam rangka mewujudkan Program Ketahanan Keluarga selama Pandemi COVID-19 Mahasiswa KKN UNS Desa Kiringan, Kecamatan Boyolali melaksanakan kegiatan AVIGAN-19 (Advokasi Kebijakan COVID-19) bekerjasama dengan Forum Anak Boyolali dan Forum GenRe Boyolali. Acara ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan Edukasi terhadap Anak dan Remaja bahwa Indonesia saat ini sedang dihadapkan pada tantangan Pandemi COVID-19 yang membawa dampak cukup besar terhadap kehidupan anak dan remaja. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Gagatan DP2KBP3A dan Balai Desa Kiringan selama 2 kali.

“Anak dan remaja paling terdampak karena pandemic yang berlangsung hampir 2 (dua) tahun terakhir, mulai dari adanya Belajar Dari Rumah (BDR), pembatasan kegiatan, hingga adanya ledakan kasus permohonan dispensasi perkawinan yang tentunya menghawatirkan bagi kita semua”, ujar Satryo Sasono, Penanggungjawab Kegiatan AVIGAN-19.

Selama pandemic COVID-19 anak-anak dan remaja mengalami de-adaptivasi terhadap lingkungan mereka, AVIGAN-19 yang diusung oleh Mahasiswa KKN Desa Kiringan menyampaikan terkait bahaya Perkawinan Usia Anak yang marak terjadi selama COVID-19. Tercatat selama Januari-Agustus tahun ini terdapat 246 (dua ratus empat puluh enam) permohonan Dispensasi Perkawinan di Boyolali. Dan adanya kehamilan tidak di inginkan karena beberapa kasus yang terjadi.

Mahasiswa KKN Desa Kiringan memberikan edukasi bahwa langkah hokum yang diambil ketika terjadi KTD (Kehamilan Tidak Diinginkan) belum tentu memberikan efek jera namun tetap meninggalkan bekas trauma pada korban. Sehingga melalui program ini Forum Anak Boyolali diajak untuk Bersama-sama untuk terus aktif dan bergerak menjadi 2P (Pelopor dan Pelapor) selama Pandemi.

Kegiatan juga dilakukan dengan adanya Diskusi Interaktif mengenai pemetaan kasus dan isu-isu strategis terhadap anak dan perempuan di Boyolali. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan singkat oleh masing-masing kelompok.

“dalam kesempatan ini pula kami selaku Kakak (Mahasiswa KKN Kiringan) ingin mengajarkan pada adik-adik kami dalam menjaga diri di masa penuh keterbatasan mobilitas. Terutama di lingkungan keluarga, bisa jadi kekerasan yang terjadi bukan dari luar tapi justru dari dalam”., ujar salah satu anggota KKN Desa Kiringan yang mengisi kegiatan AVIGAN-19.

Kegiatan yang diselenggarakan 2 kali ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan ketat dan jaga jarak. Kelompok Anak yang diundang juga telah mendapatkan Vaksinasi.

BAGIKAN ARTIKEL INI