Berita kami

Gandeng DP3A Jateng dan DPR-Jateng, Boyolali Laksanakan PPEP (Pelatihan Peningkatan Produktivitas Ekonomi Perempuan) Tahun 2021

13 September 2021 PPPA

BOYOLALI, DP2KBP3A (12/09/2021) Dalam rangka menyikapi dampak pandemi COVID-19 terhadap ketahanan ekonomi keluarga, DP2KBP3A Kab.Boyolali menggandeng Dinas Perempuan dan Anak Jateng dan DPRD Jateng untuk menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Produktivitas Ekonomi Perempuan (PPEP) yang diselenggarakan pada Sabtu, 12 September 2021 bertempat di Balai Desa Kiringan, Kecamatan Boyolali.

Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala DP2KBP3A Kab.Boyolali (dr.Ratri S Survivalina,MPA) yang juga menyampaikan materi dan diskusi terkait dengan Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan. Dalam kesempatan PPEP disampaikan bahwa “Perempuan juga punya kesempatan dan tempat yang sama, baik dalam kehidupan masyarakat, rumah tangga, dan sosial. Karena dampak yang muncul pada bidang ekonomi keluarga Pelatihan Peningkatan Produktivitas Ekonomi Perempuan atau PPEP ini menjadi salah satu Langkah strategis dalam meningkatkan pendapatan keluarga (double income) dan juga kemandirian perempuan. Sekaligus mencegah terjadinya kekerasan terhadap perempuan yang disebabkan dampak ekonomi yang melanda selama pandemi COVID-19” ujar dr.Ratri S Survivalina.

Kegiatan PPEP dilaksanakan dalam 2 tahap (yang pertama adalah praktik terkait keterampilan melalui pembuatan makanan produksi yang memiliki nilai ekonomi serta penguatan materi yang dilaksanakan pada hari ini (12/9).

Dihadiri langsung oleh Perwakilan DPRD Jawa Tengah Ir.Cahyo Sumarso (dengan memberikan materi Kesetaraan Gender dan Prospek Ekonomi Perempuan Selama Pandemi COVID-19), Drs.H. Sunarno (dengan materi Perempuan dalam Pengambilan Keputusan), dan Sukardiyono (terkait dengan Kewirausahaan Perempuan).

Dalam penyampaian materi ini perempuan peserta PPEP di Desa Kiringan diberikan edukasi mengenai pangsa pasar ekonomi mikro, kemudian kemudahan mendapatkan modal usaha melalui KUR (Kredit Usaha Rakyat), dan pemetaan pemberian bantuan alat-alat produksi yang juga sering dilakukan oleh DPRD Provinsi Jawa Tengah.

“Setelah kegiatan hari ini diharapkan Perempuan selaku Peserta dapat mendapatkan manfaat, terutama bagi yang sudah memiliki kelompok usaha produktif insyaallah kedepan akan kami bantu terkait baik insentif modal maupun alat-alat usaha” ujar Ir.Cahyo Sumarso (Anggota DPRD Jateng Komisi).

BAGIKAN ARTIKEL INI